Hilangkan Noda Pada Baju putih Putih

Cara Hilangkan Noda pada Kain Putih


Sangat tidak menyenangkan sekali bila pakaian putih yang kita sukai, terlebih bila itu berupa seragam atau jika harganya mahal harus menguning di sekitar kerah atau area bawah lengan (ketiak).
Biasanya jika kita tidak ingin pakaian putih kesayangan kita menjadi rusak ketika sedang mengenakannya, maka kita akan berusaha untuk tidak berkeringat karena noda di lokasi-lokasi tersebut sangat sulit untuk dihilangkan.
Namun, tahukah Anda bahwa menghilangkan noda-noda tersebut lebih mudah dengan bahan-bahan alami sehingga area rawan seperti kerah, ujung lengan atau bagian ketiak menjadi terlihat baru.
Berikut ini kami akan memberikan tips menghilangkan noda di pakaian putih dengan solusi pembersih yang ramah lingkungan dan ramah di kantong. Anda bisa menggunakan uang yang Anda hemat untuk keperluan lain daripada menghabiskannya di laundry dry cleaning.
Bahan-bahan yang Anda butuhkan :
  • 1 cup cuka / vinegar
  • ½ cup baking soda
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok makan hydrogen peroxide (H2O2)
Caranya :
  • Banyak yang berpikir noda keringat disebabkan oleh keringat, padahal sebenarnya berasal dari reaksi antiperspirant (bahan deodorant) yang terbuat dari zat alumunium dengan tubuh kita. Untuk mengatasi perubahan warna, rendam pakaian putih kedalam baskom yang terdiri dari cuka dan 2 cup air hangat selama 20 menit.
  • Campurkan baking soda, garam, dan H2O2 hingga berbentuk seperti pasta. Angkat pakaian dari rendaman cuka dan oleskan campuran bahan tersebut pada noda. H2O2 atau beberapa merk dagang disebut dengan bayclin atau proklin merupakan agen pemutih alami sementara campuran baking soda dan garam bekerja sama dalam mengangkat noda. Diamkan selama 20 menit.
  • Basuh dan cuci seperti biasa pakaian tadi bersama pakaian putih lainnya. Sekarang Anda tidak perlu malu mengangkat ketiak Anda karena khawatir noda terlihat.
Menjaga pakaian selalu tampak baru, menghilangkan noda mengganggu seperti noda kopi, tinta bahkan noda darah adalah kuncinya. Ada komposisi rahasia sederhana yang bisa Anda coba di rumah, bila Anda ragu-ragu dengan hasilnya cobalah pada bagian kain yang tak terpakai terlebih dahulu. Caranya adalah :

1. Daging

Sebelum mencuci pakaian Anda, coba lembutkan dengan menaburkan daging yang telah diperhalus diatasnya. Gosok sedikit kemudian cucilah seperti biasa.

2. Aspirin

Cara lain adalah dengan menghaluskan 2 tablet aspirin dan campurkan bubuknya dengan ½ cup air hangat. Rendam bagian yang memiliki noda sekitar 2 hingga 3 jam lalu cuci seperti biasa.

3. Sabun cuci piring

Masih membandel juga ? Nah, coba campurkan 1 bagian sabun pencuci piring dengan 2 bagian H2O2, gosok area noda lalu diamkan selama 1 jam. Sabun cuci piring biasanya mengandung bahan yang didesain untuk mengatasi masalah peralatan dapur yang membandel seperti noda kunyit, warna gosong pada panci dan kotoran membandel lainnya sehingga dapat dimanfaatkan pada pakaian yang relatif lebih mudah untuk dibersihkan.

4. Garam

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, garam berfungsi sebagai pengangkat noda. Jika tak tersedia bahan lain seperti diatas, maka cukup tambahkan 4 sendok makan garam dengan 1 liter air panas. Rendam baju hingga noda menghilang.

5. Jus Lemon

Anda masih belum menyerah dan masih tidak menghemat uang laundry pakaian yang mahal ? Sekarang coba mencampur jus lemon dan air dengan komposisi yang seimbang. Oleskan, diamkan beberapa saat, sikat secara lembut bagian yang memiliki noda hingga bersih lalu cuci seperti biasa.

6. Cuka

Seperti halnya garam, cuka juga dapat digunakan tanpa harus dicampurkan. Caranya adalah dengan menuangkan cuka langsung ke atas noda, gosok sedikit, bilas sebelum dicampur dalam cairan deterjen untuk dicuci seperti biasa. Pilihlah cuka yang tidak di cairkan (kadar tinggi).

7. Baking soda

Pasta yang terbuat dengan baking soda dan 4 sendok makan air hangat dapat menghilangkan bermacam jenis noda. Misalnya, gosoklah pakaian dengan pasta kering tersebut dan biarkan selama sekitar 2 jam sebelum dicuci seperti biasa.
Sementara, noda tar dapat dihilangkan dengan mengoleskan pasta yang sama namun dicuci dengan campuran air dan baking soda saja namun noda di area kerah dibilas dengan menambahkan cuka saja di dalam air.
Baking soda dapat dengan mudah Anda temukan di toko bahan makanan atau toko swalayan, berhati-hatilah jangan sampai tertukar dengan baking soda.

8. Amonia

Jika Anda adalah seorang ibu yang memiliki anak yang sangat aktif sehingga mudah mengalami cedera atau kesal karena setiap datang bulan kerap meninggalkan noda di celana atau rok putih Anda, maka ammonia adalah pilihan terbaik untuk Anda.
Bahan ini sangat cocok untuk noda darah yang sangat sulit untuk dihapus, caranya adalah tepuk-tepuk area tersebut dengan mencampurkannya dengan air dalam perbandingan ½ : 1. Diamkan beberapa saat lalu cuci seperti biasa.

9. Jauhkan dari Air Panas

Hal yang perlu untuk diperhatikan adalah jika pakaian anda sudah menunjukkan tanda menguning, jangan pernah menggunakan air panas karena akan membuat noda sama menjadi menetap dan tak mau hilang.
Demikianlah tips menghilangkan noda di pakaian putih yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. Jika Anda masih kesulitan, cobalah kembali menggunakan jasa laundry atau dry cleaning terutama jika Anda sangat menyukai pakaian putih tersebut atau terlalu sibuk untuk mencoba semua tips diatas.
Jika tips ini bermanfaat bagi Anda, bagikan artikel ini sehingga lebih banyak orang yang dapat mengambil manfaatnya. Semoga berhasil.
Hp: +62 878-8390-0982

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laundry Kiloan Kedoya